Senin, 29 November 2010

Kemampuan Pengelolaan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Karimun Dalam menjunjang Program Khusus SEZ


Kemampuan Pengelolaan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Karimun Dalam menjunjang Program Khusus SEZ

Kabupaten Karimun memberdayakan berbagai potensi yang ada, Kabupaten Karimun berusaha untuk tetap menciptakan iklim investasi yang kondusif melalui penerapan good governance dan clean government dengan memberikan kemudahan berinvestasi sehingga dapat menarik lebih banyak investor baik domestik maupun asing untuk menanamkan modalnya. apalagi saat ini pada beberapa daerah di Kepulauan Riau (Batam, Bintan, dan Karimun) tengah diupayakan sebagai pilot project pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui kerjasama dengan Pemerintah Singapura.
Penerapan kebijakan KEK di Batam-Bintan-Karimun, merupakan bentuk kerjasama yang erat antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, dan partisipasi dunia usaha. KEK ini nantinya merupakan simpul-simpul dari pusat kegiatan ekonomi unggulan, yang didukung baik fasilitas pelayanan prima maupun kapasitas prasarana yang berdaya saing internasional. Setiap pelaku usaha yang berlokasi di dalamnya, akan memperoleh pelayanan dan fasilitas yang mutunya dapat bersaing dengan praktik-praktik terbaik dari kawasan sejenis di Asia-Pasifik.
Atas dasar diatas maka Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Karimun ikut terlibat dalam mendukung SEZ tersebut dan harus mampu mengelola Perpustakaan dan Arsip Daerah secara Fropesional agar para pemustaka yang berasal dari luar daerah maupun dari masyarakat Internasional dapat mengakses ilmu dan informasi yang sesuai dengan keinginan mereka.
Dimana Kantor Perpustakaan Kab. Karimun pada saat ini dinilai  belum mampu untuk mendukung sepenuhnya keberadaan SEZ tersebut karena belum ada keseimbangan antara Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Karimun, antara  gedung, sarana prasarana, sumber daya manusia, dan anggaran.  Hal ini tentu akan berdampak pada pelaksanaan  Pengelolaan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Karimun dalam mendukung berdirinya Special  Economic  Zone (SEZ).
Menanggapi Hal tersebut diatas maka Pemerintah Kabupaten Karimun saat ini sedang mempersiapkan anggaran untuk pembangunan Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Karimun beserta kelengkapannya,sekaligus mempersiapkan SDM melalui diklat diklat yang berhubungan dengan Perpustakaan, menyekolahkan Pegawainya sesuai dengan bidang Perpustakaan dan Arsip.
Keseriusan Pemerintah Kabupaten Karimun ini terbukti dengan Menyediakan Alokasi Dana untuk Pembangunan Gedung Perpustakaan,memberikan Beasiswa untuk mengikuti Sekolah S1 dan S2 di bidang Perpustakaan,mengikut sertakan Pegawainya untuk mengikuti Diklat dan Ilmu yang berkaitan dengan Perpustakaan yang sering diadakan oleh Pemerintah Pusat melalui PERPUSNAS.
Dalam mewujudkan pembangunan wilayahnya, Kabupaten Karimun memiliki kerangka pembangunan berupa visi pembangunan yaitu mewujudkan Kabupaten Karimun menjadi Kabupaten yang maju, mandiri, dan berbudaya yang dilandasi Iman dan taqwa tahun 2015. Dengan misi pokok pembangunan Kabupaten Karimun yaitu mengembangkan sektor industri, mengembangkan sektor pertanian dalam arti luas.                           
Untuk menjamin dan mendukung kelancaran visi dan misi tersebut berbagai strategi yang akan dilakukan dalam hal ini adalah mencerdaskan kehidupan masyarakat serta menyediakan fasilitas untuk menunjang hal tersebut, salah satunya menata dan menyiapkan infrastruktur pembangunan dan sarana/prasarana pendukungnya di Kabupaten Karimun.       Dalam rangka menyiapkan infrastruktur pembangunan dan sarana/prasarana sebagai wujud nyata perhatian dimaksud maka pemerintah Karimun akan membangun Perpusatakaan Daerah beserta fasilitas penunjangnya. Gedung atau ruangan perpustakaan adalah bangunan yang sepenuhnya diperuntukkan bagi seluruh aktivitas sebuah perpustakaan.
Maksud dari hal ini adalah penyusunan perencanaan  DED Perpustakaan Kabupaten Karimun.
Tujuan Perpustakaan Kabupaten adalah penyusunan dokumen perencanaan baik gambar, perhitungan biaya, penyusunan rencana kerja dan syarat untuk mendukung SEZ.
Sasaran kegiatan yaitu terwujudnya fasilitas berupa gedung perpustakaan beserta fasilitas penunjangnya untuk dapat meningkatkan ilmu pengetahuan, tersimpannya arsip-arsip dengan benar dan memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus mendukung program SEZ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar